Sejarah Batik dan Asal Usul Batik Indonesia

BatikEmbos.com. Kita harus bangga mempunyai Batik sebagai warisan nenek moyang kita yang mempunyai nilai estetika yang tinggi. Inilah sedikit ulasan Sejarah Batik dan Asal Usul Batik Indonesia yang bisa memperkaya pengetahuan anda tentang batik. Beberapa daerah memiliki corak batik yang khas sesuai dengan budaya, karakter, filosofi daerah tersebut. Tentu hal ini menjadikan sejarah batik di Indonesia lebih menarik. Batik adalah Menurut Hamzuri dalam bukunya Batik Klasik, suatu cara memberi hiasan pada kain dengan menutupi bagian-bagian tertentu menggunakan perintang. Lilin atau malam menjadi zat perintang yang sering digunakan. Teknisnya, membatik kain dengan cara menggambar dengan malam lalu diberi warna dengan cara pencelupan. Setelah pemberian warna selesai, kain direbus guna untuk menghilangkan malam. Jadilah kain batik dengan motif dan corak yang khas sesuai dengan desainer batik.

Sejarah Batik Indonesia

Perkembangan batik di Indonesia, batik sudah dikenak sejak jaman Majapahit dan masa penyebaran Islam. Mojokerto yang merupakan pusat Kerajaan Majapahit saat itu sudah mengenal batik. Selain itu Kota Tulung Agung, Jawa Timur yang juga tercatat dalam sejarah perbatikan. Proses perpolitikan dan kekuasaan membawa batik ke berbagai daerah seperti peperangan, pencaplokan wilayah dan lain sebagainya. Termasuk salah satu contoh adalah Batik Yogyakarta memberikan beberapa dasar corak bahkan corak yang dominan diberbagai jenis batik. Salah satu penyebabnya adalah pasukan bala tentara yang menggunakan batik menetap di daerah tertentu. Contoh ciri khas batik Kalangbret dari Mojokerto hampir sama dengan batik Yogyakarta, yaitu dasarnya putih dan warna coraknya coklat muda dan biru tua.

Begitu juga dengan perkembangan batik pada masa lainnya seperti Perkembangan penyebaran Islam. Para penyebar agama singgah didaerah tertentu dan mereka membawa batik. Mereka singgah dalam kurun waktu lama dengan cara mendirikan / babat alas kampung, atau mendirikan pondok untuk penyebaran agama. Batik tidak ketinggalan.

Secara umum, perkembangan batik dipengaruhi oleh perpindahan pasukan perang, penyebaran agama Islam, perdangangan dan lain sebagainya. Di Indonesia ada banyak corak batik yang menjadi khasanah kebudayaan kita. Kita harus bangga karena mempunyai leluhur yang mempunyai cita rasa seni yang tinggi. Warisan batik ini perlu kita lestarikan dengan mengenakannya agar kita bisa menghayati betapa besar nilai estetika Batik ini.

Demikian Sejarah Batik dan Asal Usul Batik Indonesia secara singkat untuk anda. Mari kita gerakkan Cinta Batik dan salam batik.

 

2 thoughts on “Sejarah Batik dan Asal Usul Batik Indonesia

Comments are closed.